Rabu, 20 Februari 2019

5 Strategi Jitu Pemasaran Buku

Tantangan seorang penulis yang menerbitkan buku secara self publishing atau terbit mandiri adalah menemukan strategi jitu pemasaran buku agar laris terjual. Hal ini sangat penting bagi penulis, sebab menerbitkan buku secara self publishing berarti menuntut penulis berperan aktif dalam setiap pemasaran bukunya sendiri, berbeda dengan penulis yang menerbitkan bukunya secara konvensional seperti di penerbit gramedia, elex media, mizan, dan sebagainya yang secara khusus penulis berperan pasif.

Sebelum melangkah lebih jauh, baiknya teman-teman penulis pemula yang belum memahami penerbit indie / self publishing vs penerbit mayor serta kekurangan dan kelebihannya di konten kami sebelumnya Kelebihan dan Kekurangan Penerbit Indie dan Penerbit Mayor.

Jika telah memahami perbedaan penerbit indie/self publishing dan penerbit mayor. Mari kita lanjut ke fokus pembahasan kita yaitu 5 Strategi Jitu Pemasaran Buku bagi penulis yang menerbitkan buku secara self publishing atau terbit mandiri :

Riset

Ini adalah strategi terpenting bagi setiap penulis yang ingin menerbitkan buku secara self publishing atau secara mandiri. Sebab melalui riset, penulis mampu mengetahui kisaran jumlah buku yang akan terjual. Jangan riset pakai hati yah!!! karena jika tidak sesuai espektasi jumlah buku yang laku bisa patah hati nanti heheeee

Nah, dalam riset ini 2 metode dasar, pertama membagikan kuisioner atau interview ke target pasar penjualan anda (seperti penelitian skripsi gitu) atau mau lebih keren dan nggak rumit, pakai aja sarana pertanyaan di Instagram atau di Facebook anda.

Kedua hitung jumlah keluarga/kerabat, teman-teman kuliah/sekolah, teman-teman komunitas. Rumusnya mudah, jika sudah dapat totalnya, ambil maksimal 20% aja yah.
Contoh :
Penulis A berdasarkan riset pertama mendapat respons 500 orang dan riset kedua mempunyai ± 3.000 orang.
Cara menentukan buku yang akan diterbitkan adalah minimal 5% dan maksimal 30% yah. atau dari dari 3.500 orang anda bisa mencetak minimal 175 eks dan maksimal 1.050 eks buku.

Promosi

Memasarkan buku tentu membutuhkan promosi, tetapi tidak semua promosi itu jitu loh!
Sebagai penulis anda tidak di tuntut cerdas membuat karya tetapi juga cerdas dalam memasarkan buku anda dan promosi ini 2 metode metode yah, pertama anda wajib memasarkan buku anda secara intens dan full power di semua media sosial anda; kedua meminta bantuan teman-teman anda buat endors buku anda.

Bedah Buku

Sekarang ini lagi booming loh gerakan literasi, dimana-mana terbentuk komunitas literasi. Buat penawaran bedah buku di komunitas-komunitas literasi, atau di lembaga-lembaga kemahasiswaan, jika mereka tidak tertarik membuka bedah buku gratis, tawarkan aja sistem bagi hasil dengan pihak pengelenggara, pasti tertarik!

Titip Jual

Selain penulis bisa titip jual di berbagai toko buku konvensional, penulis juga bisa memanfaatkan teman atau kerabatnya untuk titip jual dengan sistem bagi hasil. Pasti mereka mau, karena prinsipnya kan saling menguntungkan. Iya kan?

Penutup, menjadi penulis yang menerbitkan buku secara self publishing / terbit mandiri dibutuhkan keyakinan, percaya diri dan keberanian bahwa buku yang diterbitkan itu benar-benar layak dan berkualitas untuk di konsumsi oleh para pembaca.

Buku Berkualitas

Nah! ini salah satu yang terpenting juga dalam strategi pemasaran buku penulis, karena selain konten berkualitas, buku juga wajib berkualitas; baik dari segi ukuran, design cover, layout, kemasan dan sebagainya. Mengapa demikian? karena psikologi yang pertama adalah tampilan fisik berkualitas. So, penulis jangan sekedar mencari penerbit indie / self publishing dengan harga murah tapi hasilnya yah sesuai harga alias low quality yang membuat semua pembeli bakal kecewa. Tapi jika buku penulis berkualitas dan kontennya menarik! yakin deh, person to person marketing alias pembeli tanpa penulis minta, akan membantu mempromosikan buku penulis.

Nas Media Pustaka adalah salah satu penerbit indie / self publishing yang dapat menjadi mitra terbit maupun cetak buku anda. Sebagai No.1 self publishing in eastern indonesianPenerbit Nas Media Pustaka sebagai penerbit indie / self publishing mewarkan anda menjadi mitra terbit maupun cetak buku dengan harga termurah, berkualitas dan terpercaya.

Label: , , , , ,

0 Komentar:

Posting Komentar

Berlangganan Posting Komentar [Atom]

<< Beranda